Pages

Saturday, January 7, 2012

PLB= Parent's Love Begin....


Special Needs Education. Atau kalau diartikan dalam bahasa Indonesia, namanya Pendidikan Berkebutuhan Khusus. Tapi dalam Fakultas Ilmu Pendidikan maupun dunia pendidikan, lebih dikenal dengan Pendidikan Luar Biasa (PLB). Pendidikan macam apa yang dilakukan sampai bisa dibilang luar biasa ya?happy

Jurusan ini pertama kali gue tahu dari majalah Hai yang ngebahas. big grin Waktu itu temanya menarik banget, 7 jurusan yang kurang diminati tapi (tapi gue lupa terusannya. Hahahahaha. Kalau ga salah yang patut diperhitungkan). Dan jangan kaget, ternyata teman-teman satu jurusan gue pun banyak yang tahu jurusan ini juga dari majalah Hai.

Dari awal, gue yang memang mau jadi guru dan gak tahu mau ngambil spesifikasi apa, kayak disiram air es pas musim kemarau tahu gak. Gue memang lagi mau serius mikirin masa depan gue (taelaaaaaaaaaaaaaaaa. Hahahahahaa laughing) tapi gue ga tau mau ke mana. big grin Banyak yang jadi pertimbangan gue saat itu. begitu tahu mengenai jurusan itu dari majalah temen gue, besoknya gue langsung beli majalah itu dari koperasi sekolah. Harga majalahnya jauh lebih murah daripada yang gue beli di agen. Hahahahaaha laughing

Jadi dengan uang jajan pas-pasan 5rb sehari, dengan uang jajan itu gue beli majalahnya pas hari olahraga (inget banget gue.kabur dari lapangan dan malah ke koperasi karna takut kehabisan. big grin Bahahahaha) Buat gue, Tuhan memang lagi mau ngasih gue arahan dengan nyediain uang majalah yg sesuai budget. Wkwkwkwkwkwkwkwk rolling on the floor

Begitu gue bawa pulang majalahnya dan gue baca dengan seksama, hal selanjutnya yg gue lakukan adalah berdoa sama Tuhan. praying Berusaha lagi ga ke-GR dang a mau salah pilih jurusan. Berabe banget kan kalau sampe gue salah jurusaaaaannnnn. Secara otak gue pas-pas an banget.
Pas buat berfikir layaknya jenius.
Pas buat mikirin dengan serius rancangan nuklir.
Pas untuk ngelebihin kemampuan Steve jobs nyiptain apple’s products.
Wakakakakakakakaa rolling on the floor
Dan pas buat jadi orang ga beres yang punya khayalan tingkat tinggi.big grin

Sambil meyakinkan diri, gue berusaha searching tentang jurusan ini. Kemudian hal selanjutnya yang gue tahu setelah yakin dengan beban gue dan sedikit tentang dunia PLB, gue mensharingkan hal ini. Saat itu, yang gue fikir adalah kalau bonyok ga ngasih izin, berarti ini bukan jalan gue. Karena gue tahu, bonyok gue adalah orang yang paling memikirkan masa depan yang terbaik buat gue dan tahu kemampuan gue.
Hal ini udah teruji dan gue berterimakasih ke mereka. Ketika SMP, mereka berusaha masukin gue ke SMP Strada, bukannya SMP Ngeri Negeri. Karena gue memang saat itu udah diprediksi mereka ga akan punya nilai yang cukup untuk masuk ke SMP Negeri.big grin Hahahahaaha laughing

Dan mereka tahu kualitas SMP Strada saat itu baik untuk perkembangan gue. Waktu SMA, gue minta mereka masukin gue ke SMA Tarakanita. Tapi mereka menentang keras bahkan gue sampai kabur dari rumah karena berantem hebat dengan mereka. Hahahahahaa. Waktu  itu gue ga yakin dengan kemampuan gue lulus dengan NEM yang cukup untuk masuk negeri.

Tapi gue kembali berterimakasih ke mereka karena melarang gue masuk ke SMA 8 atau 70 karena masalah jarak padahal, NEM gue saat itu sangat cukup.happy Mereka yang ngeyakinin gue kalau gue bisa lulus UN dengan nilai yang bagus karena memang gue pas SMP ga sebodoh sekarang. Wkwwkwkwkwk
Dan akhirnya gue terjebak di SMA 90 dan bisa dapet pengalaman luar biasa fantastis yang lebih bagus dari cerita-cerita masa SMA di novel-novel ataupun film. Wkwkkwwkwkwk rolling on the floor

Ya, walau memang awalnya seringkali kita menganggap pilihan kita yang paling benar dan orang tua kita hanya memikirkan dari satu pihak, satu hal yang gua tahu pasti. Mereka mengharapkan yang terbaik buat kita. big grin Karena itu, kalau bonyok sibuk kerja banting tulang, dan mungkin seringkali ga punya waktu buat kita, mereka lagi berusaha menjamin  masa depan kita. Kalau mereka sering marah-marah, lihat dulu.happy Siapa tau mereka lagi capek dan banyak pikiran tapi kita datang ke mereka dengan cara yang ga tepat dan memancing emosi mereka. happyEntah itu dari topik yang kita sampaikan, cara intonasi dan sikap kita, dll.

Nah, balik ke jurusan PLB. Setelah gue sodorkan majalah ke nyokap, gue udah ketar ketir. praying Berusaha ngebawel ke nyokap supaya dia terbujuk.big grin Tapi dia terus serius ngebaca kalimat demi kalimat di artikel yang ada tanpa menggubris bawelan gue. Bokap juga penasaran dong dengan yang dibaca nyokap. Pas ditanya;
Bokap   : baca apa toh?
Nyokap                : ini loh. Pendidikan luar biasa. Yang nanti ngajar di SLB, anak-anak autis.
Bokap   : oooohh.. kamu mau ngajar begituan toh? Ntar diilerin anaknya mau? (terus ketawa cekikian sama nyokap)
Nyokap                : halah piiinn. Kamu kok mau ngajar anak begituan. Lah kamu aja ngurus diri sendirimu aja ga bisa. (sambil cengengesan)
*gue Cuma cemberut ngelihat mereka berdua*
Nyokap                : lah kamu bisa sabar gak ngadepinnya?
*gue langsung excited banget dengan pertanyaan nyokap dan jawab dengan bijak*
Gue       : ya namanya juga belajar ma. Nanti juga bisa kok.
Bokap   : yowes. Lah kamu ngajarin mereka juga sama aja toh? Kamu marah juga mereka paling ga ngerti. Memang apa yang mau diajarin?
*denger pertanyaan bokap, gue thanks God banget udah bener-bener persiapin diri dengan jurusan ini lewat searching di internet*
Gue       : ya kan aku belum tentu juga pak ngajarin yang autis. Bisa juga tuna netra, tuna rungu,sama yang lain. aku juga udah doain dengan serius kok (tandas gue dengan mantap di kalimat terakhir)
Nyokap                : yowes. Tapi mahal gak masuknya?
*gue Cuma menghembuskan nafas terakhir dari hidung gue dengan pelan.  Lagi-lagi masalah ini. Masalah sekolah dulu juga ada sangkut pautnya sama masalah ini. No doubt about the power of money! It controls us without we realize it!*
Gue       : ga semahal UI kok mamoney eyes (ucap gue pelan dan agak sakit hati. Hahahahahaa. Kenapa?)

Awalnya, gue mau banget masuk UI. happy Ngambil jurusan sastra jepang atau gak Psikologi. Tapi bonyok gue menentang keras. Hahahahaa. Mau gimana? Gue ga bisa egois dengan Cuma mikirin kesenangan gue. Gue cinta banget sama bahasa jepang dan tertarik saat itu. Tapi seiring dengan larangan bonyok yang menganggap prospek yang ga pasti dan biaya yg pasti besar ga sesuai kemampuan bonyok, gue Cuma bisa pasrah. Walaupun gue udah ngeyakinin mereka dengan gue dapet beasiswa dan adanya keringanan biaya, bonyok tetep ga setuju. shame on you Maka terkubur lah dalam-dalam impian gue untuk dapet jaket kuning. Wakakakaakakaka rolling on the floor

Mereka juga yang ngingetin gue bahwa cita-cita gue dari awal adalah jadi seorang guru.big grin Bukan sekedar lulusan sebuah universitas bagus yg belum tentu bisa jadi guru.mungkin sih memang bisa kerja di tempat prestis, tapi mengingat dari awal adalah niat gue menjadi seorang guru yang bisa ngajarin anak-anak, maka gue Cuma bisa mesam mesem. heheheehee
Bahkan, ketika gue udah keterima di PNJ lewat jalur undangan, bonyok minta gue segera ngebatalin masuk ke PNJ. Padahal gue udah registrasi ulang dan laen-laen. Tapi ketakutan bonyok gue akan biaya dan prospek kerja jauh lebih besar. I couldn’t say anything because I realized that my parents who have been looked the money for me.money eyes

Tapi ga seburuk itu kok. Berkat niat gue dulu tentang psikologi, itu juga kepake dalam “pekerjaan” gue saat ini. big grin Gue juga akan dapetin di psikologi gue ini. Dan ternyata, psikologi UI itu juga jadi salah satu pesaing berat PLB dalam hal autism. Hahahahaa . Dan saat ini gue bisa dapetin beasiswa di kampus dari pemerintah.
Semester satu udah gue lewatin dengan IP yang gue ga tahu berapa.Hehehehee big grin

Tapi tentang jurusan ini, gue akan jelaskan di postingan selanjutnya berjudul Special Need Education.
Dari cerita ini, gue mau share bahwa
Orang tua kita mengharapkan yang terbaik buat kita dengan cara mereka anggap terbaik.
Berterimakasih sama orangtua gue yg sudah gue anggap “sok tahu” shame on you dengan mengatur jurusan yang harus gue ambil. HAHAHAHAHAHAAA laughing

RESPECT OUR PARENTS NO MATTER HOW BAD THEY ARE IN OUR EYES
My Beloved Family

1 comment:

  1. hi shevina,, bagi2 crita dnk tntang plb yg lbih rinci,,,, cz aq niat msk jrusan plb bgt,,,

    share ya postingn blog tntg plb nya via email icha_ola22@yahoo.co.id

    ReplyDelete