Pages

Tuesday, July 24, 2012

Dear mom


Saya berusaha memahami maksud dari “surga ditelapak kaki ibu”
Coba membayangkan…
Jika ibunya adalah seorang tuna daksa yang ga punya kaki, apakah anaknya tidak akan masuk surga?
Atau jika ibunya jorok dan seringkali nginjek kotoran ayam, masih maukah sang anak memasuki surga yang suci lewat kaki ibunya?
Apapun itu.. sebenarnya itu hanyalah sebuah kalimat kiasan..
Yang saat ini sedang saya rasakan…

Pagi hari..

Setelah sehari sebelumnya menghabiskan seluruh energy di kawasan Ancol, pagi itu terbangun dari suara motor yang menderu di depan rumah…
Dengan mata yang terpejam dan setengah sadar, mencoba meraba-raba tempat tidur berusaha menemukan handphone yang biasa ditaroh di sebelah kiri badan (tolong jangan ditiru ya. Ini ga baik untuk kesehatan)
Dan setelah si mungil itu berhasil digenggam, selalu dengan kebiasaan tiap pagi, menekan salah satu tombol HP dan melihat kea rah jam… sambil berharap ada SMS dari si dia..
Ada SMS yang masuk…
Tapi bukan dari si dia..
Jam menunjukkan pukul 06.49..
Dan jam di handphone kecepatan 20 menit…
Selalu lupa sama itu dan langsung buru-buru bangun mengingat jam 09.30 harus ada di Kebayoran Lama untuk menunaikan tugas..
Begitu buka pintu kamar, kaget waktu motor nyokap masih terpajang manis di ruang tamu..
Kembali melihat jam di ruang tamu…

Aneh banget..
Ga ada tanda-tanda kehidupan… lampu rumah semua mati.. dan ga ada kegiatan sama sekali di dapur..
Biasanya..
Pagi-pagi bangun, selalu ada segelas teh dan kopi di dapur meja makan..
Udah ada sarapan juga yang ga pernah saya makan.. paling saya cemilin sembari lewat..
Tapi ini… Cuma ada segelas kopi dan segelas teh…
Dan seperti biasa lagi..
Mengambil gelas teh yang *tumben lagi* dingin… dan langsung melet-melet begitu setegak the masuk ke mulut..

PAHIIIIITTTT!!!!!! APA PULA INIIIII



Rasanya mau ngomel-ngomel karena dikerjain begitu.
Tapi pas buka kamar, badan langsung beku untuk sesaat…

Nyokap di atas tempat tidur…
Pakai selimut berlapis-lapis…
Dan dia mencoba untuk tidur…
Dan satu kalimat bodoh yang keluar dari mulut dower pagi itu;
“Kok ga pergi ma? Ini kan Selasa?
(jfi: selasa adalah hari persekutuan wanita gereja saya. Jadi biasanya dari pagi nyokap udah repot beberes)
Dan dalam suara yanga ga terdengar (karena emang dasarnya gue rada bolot) nyokap menjawab;
"Engga.."

And yes, I got a bad feeling at that time.
Pintu kamar tetap terbuka sementara gue melanjutkan aktivitas yang lain sambil siap-siap untuk segera meluncur ke Kebayoran Lama..

Jam 08.30

Diserang kepanikan takut terlambat, segala macam jenis makanan yang ada di kulkas langsung dimasukin ke tas untuk sarapan dan nyiapin duit untuk naik ojek sampai unilever demi menghindari macet.
Dan ASTAGA.
Seperti biasa, memang sebelum pergi *kalau ada orang di rumah* pasti ga lupa pamitan dan cium tangan.
Tapi dengan suasana pagi yang berbeda seperti ini, rasanya moment pamitan jadi lebih berharga.

Gue       : “Ma.. Evin berangkat dulu ya. Nanti siang aku langsung balik kok”
Nyokap               : “Mau kemana?”
Gue       : ”Sekret ma”
Nyokap                : “Ngapain?”
Gue       : “Nemenin latihan pelayan”
Nyokap                : “Jemur baju dulu”
Gue       : “Oke ma”

Dengan ciuman di kening dan pipi kirinya, kaki ini segera melangkah cepat meninggalkan rumah dan jemuran…
Di perjalanan…

RANDOM BANGEEEEEETTTTTTTTTT


Kepikiran nyokap di rumah…
Gimana enggak?
Seminggu kemarin memnag dia kerja rodi banget melakukan sesuatu..
Ditambah dengan darah rendahnya dan juga penyakit migrennya yang gampang banget muncul kalau beliau kecapekan.


Hoaaaaaaaaaahhhhhhhhhhh 
Lagi ngerasa kayak malin kundang yang memang ga pernah di rumah dan kerjaannya kelayapan terus.

Seringkali, nyokap SMS dengan kalimat yang *menurut gue* sangat miris..
                Vin, nanti pulang ke rumah gak?

Ya.. kalau udah pergi apalagi sampai malam, bukan lagi pertanyaan pulang jam berapa, tapi kalimat seperti itu yang dikirimkan.. tanpa maksud apapun memang, karena seringkali, lebih memilih untuk pulang ke kontrakan atau menginap di rumah teman dadakan dan pulang pagi-pagi…

Tapi sekalinya pulang ke rumah, beliau selalu tanya
                Pulang sama siapa?

Yang menurut hati ini, kalimat itu juga cukup mencabik hati.. karena seolah-olah, itu menjurus ke seseorang yang harus selalu nganterin gadis ini pulang…
Dan selama macetnya jalanan Unilever-Ulujami itu, kepikiran jemuran yang ditinggal..
Bukan karena jemurannya sih…
Tapi karena sadar, jarang bantu nyokap selama di rumah.. Cuma nyapu-ngepel-cuci piring…
Pekerjaan lainnya selalu udah dikerjain dengan rapi sama nyokap selama si jomblo ini sibuk berkelana kemana-mana menikmati hari-harinya tanpa ikatan larangan pacar..
Ngomongin pacar.. jadi inget percakapan dengan nyokap beberapa minggu (atau bulan?) yang lalu…

Di dapur..
Seperti biasa, melihat nyokap beraksi dengan sayur dan bumbu-bumbu dapur serta perlengkapan masaknya..
Gue       : ma, evin mau lanjutin S2 ke luar negeri. Mama doain ya
Nyokap                : terserah
Gue       : ih. Serius nih. Doain dong
Nyokap                : yaudah, kuliah ya kuliah sana
Gue       : yah. Kalau ga didoain, mana bisa?

*nyokap diem lama. Gue gadoin bengkoang*

Nyokap                : kalau kamu S2, nikahnya kapan?

*bengkoangnya nyangkut di hidung*

Gue       : ya ampun ma. Norak banget sih. Jangan kayak orang kampung deh yang mikirin kawin doing. Belajar dulu yang pinter, jodoh juga ga akan ke mana

*nyokap Cuma cengengesan*
*punggungnya yang lebar terlihat di hadapan gue yang masih sibuk gerogotin bengkoang*

Nyokap                : ga usah ke luar negeri lah. Di sini aja kenapa?
Gue       : ih. Apa banget ih ma? Di Indonesia ilmunya kurang. Makannya pendidikannya ga pernah bener. Gurunya aja ilmunya segitu-segitu doang
Nyokap                : terus nanti yang ngerawat mama kalau udah tua siapa?

*gue diem lamaaaaaaaa bangeeetttt*

Gue       : mau banget ya ma?

*nyokap cengengesan*

Gue       : kan nanti kalau aku udah sukses, mama ga usah pusing mikirin aku sama Bhisma lagi. Nanti aku aja yg ngebiayain kuliah Bhisma
Nyokap                : gak lah. Mama ga minta apa-apa. Nanti kalau kamu udah nikah, mama sama bapak di kampung aja nikmatin masa tua
Gue       : ga mau kubeliin rumah ma?
Nyokap                :ga usah, rumah mbah kan ga ada yang nempatin juga
Gue       : jadi mama ga mau aku S2 ke luar negeri?
Nyokap                : kamu sekarang kuliah aja mama udah bangga banget. Paling gak, kamu ga sebodoh mama-bapak mu..

*buang ingus*
*maaf*

Damn!
I’m so sorry mom…

I love you mom just the way you are..
I know that you’re not the same as the other mothers who I have seen..
In your simplicity, you’ve been giving me a lot of lessons..
In your patience, you’ve been showing me the real meaning of love..
In your silence, you’ve been teaching me about sincerity..
In your loyalty, you’ve been walking with me through the bad times..

                How can I say thanks…
                For the things you have done for us…
                What can I do…
                For all the prayers that you have given for us…
                When can I reply..
                For all the times that you have spent for us…
                Where can I lost you..
                If you’re always in my heart..
                Who can replace you..
                Because you’re the one and only..
                That was sent by God to be my guardian angel..

Love you mom
Get well soon 
 

No comments:

Post a Comment