Pages

Monday, June 13, 2011

Festival Teater SLTA~ FTS

Kenapa tiba-tiba ngebahas Festival?
Kenapa juga dengan Festival?
Apa itu Festival?
Ada apa dengan Festival?

Temukan jawabannya di sini !

Dimulai dari tahun yang gue sendiri gak tahu kapan, tapi yang gue tahu, Teater Sembilu didirikan sejak tahun 1992. Dan Sembilu merupakan salah satu pelopor adanya Festival teater SLTA. Dan tahun 2011 ini merupakan tahun ke 21.
**lah, berarti Festival nya dimulai 21 tahun yang lalu step**
*oh iya. Hehehehee*

Melalui Festival teater SLTA ini, puluhan sekolah yang tadinya hanya di sekitar Jakarta, berkembang jadi daerah JABODETABEK.
Ya, puluhan sekolah menampilkan karya terbaik mereka demi mendapatkan berbagai penghargaan sekaligus menampilkan yang terbaik demi menghibur penonton yang mau rela-rela ngeluarin duit untuk nonton anaknya, atau sodaranya, atau temennya, atau hanya sekedar paksaan keikhlasan untuk mendukung dan datang.  Melalui Festival inilah, ratusan karya Teater SLTA dilahirkan.  Ribuan orang dilibatkan dalam produksi, jutaan ide muncul dan tertumpah ruah di panggung pementasan. Dan tempat langganan pementasan itu ialah AUDITORIUM GRJS BULUNGAN. Tidak selalu di sana memang, tapi  karena sebagian besar panitia serta orang yang terlibat dalam FTS merupakan anggota dari ITB-Institut Teater Bulungan (-red). Ya, mereka merupakan anggota komunitas Bulungan yang memang terkenal dengan berbagai kreativitasnya.

Lalu, bagaimana dengan gue?
Ya, gue mengikuti Festival sejak kelas 1 sma, suatu kecerobohan yang membawa malapetaka. HAHAHAHAHA
Tapi, gue SANGAT menikmatinya.
Sejak tahun 2009, banyak perubahan yang terjadi pada FTS. Pada tahun 2009, karena adanya penolakan dari teater yang bisanaya mengurus FTS, maka dibentuklah kepanitiaan bersama. Jadi, yang menjadi panitia merupakan gabungan dari berbagai teater. Dan tahun berikutnya, kembali lagi panitia digilir sesuai undi, siapa yang akan jadi panitia setelah sebelumnya, si pihak teater mencalonkan diri menjadi panitia.
Selain itu, kalau tahun sebelumnya (2008 ke bawah) festival ini diadakan sekali, sejak tahun 2009 beda.
Jadi, karena jumlah peserta teater yang banyak, dan demi menjaga kualitas pementasa, diadakan yang namanya KURASI.
**itu lamanya waktu kan?**
*itu DURASI mbak*
**oooohhh. Saya tahu! Itu untuk naroh mobil ! **
*itu GARASI maaasss*
**kali ini pasti bener! Itu yang dibelakang mobil untuk naroh barang! **
*itu BAGASI tanteeee*
**pasti itu  yang saya pake ke kantor**
*itu DASIII oooommmmmm*

Udah, udah. Biar gue jelasin.  Masih inget Indonesian Idol? Ya, sekalipun gue jadi pemenang, tapi gue ga akan ngebahas soal Indonesian Idolnya. Jadi gini. KURASI itu, system audisinya FTS.  Kalau kita lolos kurasi, baru kita bisa ikutan Festival. Tapi, kalau ternyata ga lolos kurasi, tenang aja. Panitia nya gak kejam-kejam kok. Kan demi mendukung karya anak bangsa. Jadi, yang gak lolos KURASI bisa ikutan EKSEBISI.
**apa lagi tuuuuhhh??? **
Nah, eksebisi ini sama aja kayak festival. Kita tetep mentas di panggung yang sama kayak teater yang lolos KURASI. Tapi, perform kita ga akan dinilai oleh juri yang menilai performance dari teater-teater yang lolos KURASI. Akibatnya, kita ga mungkin dimasukin dalam nominasi pas malam penganugerahan.
**yaaaaahhhhh. Sedih doooonnngg**
Nah, sekali lagi. FTS menghargai karya anak bangsa. Penampilan dari grup teater yang ikut eksebisi nantinya akan dinilai oleh “banyak juri”
MAKSUDNYAAAAA????
Juri-juri ini merupakan gabungan sutradara-sutradara yang ikut dalam Festival. Nantinya,mereka akan sama-sama ngumpulin suara, untuk menentukan siapakah yang layak jadi GRUP EKSEBISI TERBAIK. Jadi, bisa tetep pulang bawa trophy juga

Dan akhirnya, FESTIVAL TEATER SLTA KE-21 akan dilaksanakan 17-27 JULI ini di BULUNGAN. Dan panitia yang bertugas adalah Teater dari bekasi-SAPHIRE.
Berharap semakin banyak yang bisa menikmati karya anak bangsa. See you on the next report about FTS ;)





No comments:

Post a Comment